SEKILAS INFO
: - Rabu, 08-12-2021
  • 6 bulan yang lalu / Pembangunan masjid saat ini terhenti karena kekurangan dana. Sedangkan kebutuhan akan masjid tersebut sangat mendesak. Oleh karena itu sudilah kiranya para sahabat untuk bersama-sama peduli dengan sebagian hartanya untuk pembangunan masjid ini. Silahkan salurkan infaq terbaiknya ke rek BRI 0100-01-018310-53-2 An.Mahad Bilal Bin Robah Atau antum bisa datang langsung ke lokasi pembangunan di Disun Babakan...
  • 1 tahun yang lalu / Ma’had Bilal Bin Robah merupakan lembaga pendidikan pondok pesantren bermanhaj Ahlussunnah Wal Jama’ah dengan berpegang teguh kepada Kitabullah dan Sunnah Rosulullah Sholallahu’alaihi Wasallam sesuai dengan pemahaman Salafus Shaleh. Ma’had Bilal bin Robah ingin ikut serta untuk mendidik anak bangsa dengan memberikan pelayanan kepada kaum muslimin dari kalangan Yatim dan Dhu’afa secara GRATIS…!  
TINGGALKAN MASA LALUMU YANG BURUK, JADIKAN SISA USIA UNTUK BERUBAH MENJADI BAIK

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

TINGGALKAN MASA LALUMU YANG BURUK, JADIKAN SISA USIA UNTUK BERUBAH MENJADI BAIK.

Imam Ibnu Rajab al-Hambali رحمه الله menukil sebuah kisah yang menarik untuk kita jadikan renungan:
Dari imam besar ahlussunnah dari kalangan Tabiut Tabiin, Fudhail bin Iyadh رحمه الله , ketika beliau menasihati seseorang lelaki, beliau berkata kepada lelaki itu:

“Berapa tahun usiamu (sekarang)?”
Lelaki itu menjawab:
“Enam puluh tahun.”

Fudhail berkata:
“(Berarti) sejak enam puluh tahun (yang lalu) kamu menempuh perjalanan menuju ALLAH, dan (mungkin saja) kamu hampir sampai.”

Lelaki itu menjawab: “Sesungguhnya kita ini milik ALLAH, dan akan kembali kepada-Nya.”

Maka Fudhail berkata:
“Apakah kamu paham arti ucapanmu?
Kamu berkata: Aku (hamba) milik ALLAH dan akan kembali kepada-Nya.

Barang siapa yang menyadari bahwa dia adalah hamba milik ALLAH dan akan kembali kepada-Nya, maka hendaknya dia mengetahui, bahwa dia akan berdiri (di hadapan-Nya pada Hari Kiamat nanti).

Dan barang siapa yang mengetahui bahwa dia akan berdiri (di hadapan-Nya), maka hendaknya dia mengetahui bahwa dia akan dimintai pertanggungjawaban (atas perbuatannya selama di dunia).

Dan barang siapa yang mengetahui bahwa dia akan dimintai pertanggungjawaban (atas perbuatannya), maka hendaknya dia memersiapkan jawabannya”.

Maka lelaki itu bertanya:
“(Kalau demikian), bagaimana caranya (untuk menyelamatkan diri ketika itu)?”

Fudhail menjawab:
“(Caranya) mudah”.
Lelaki itu bertanya lagi:
“Apa itu?”

Fudhail berkata:

تُحْسِنُ فِيمَا بَقِيَ ، يُغْفَرُ لَكَ مَا مَضَى وَمَا بَقِيَ , فَإِنَّكَ إِنْ أَسَأْتَ فِيمَا بَقِيَ أُخِذْتَ بِمَا مَضَى وَمَا بَقِيَ

“Engkau berbuat kebaikan (amal saleh) pada sisa umurmu (yang masih ada), maka ALLAH akan mengampuni (dosa-dosamu) di masa lalu.

Kerana jika kamu tetap berbuat buruk pada sisa umurmu yang masih ada, kamu akan di siksa pada Hari Kiamat kerana dosa-dosamu di masa lalu, dan dosa-dosamu pada sisa umurmu.”

📘[Nukilan dari Jaami’ul ‘uluumi wal hikam hal. 464 dan Latha-iful ma’aarif hal. 108].

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Pembangunan Masjid dan Pesantren

Wakaf Buku

Jadwal Pelajaran Harian

Oktober 2020
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Lokasi Maps